Langsung ke konten utama

Skripship!


Sebelumnya gue udah menjalin hubungan dengan skripsweet sekitar bulan Maret – Agustus. Alhamdulillah banget gue bisa menjalani hubungan bersamanya dan diakhiri dengan baik. Bener-bener love-hate banget jalaninnya!

Disini gue mau bahas lagi bagaimana hubungan itu bisa berjalan dan diakhiri secara baik baik, berpisah dengan rasa bahagia. Asiklah. Kenapa tiba-tiba gue nulis ini? Karena ada beberapa temen gue yang baru menyusun itu semua, dan semua menjadi ragu atas dirinya sendiri.

Maret 2020 dimana gue mulai susun proposal penelitian, baru awal hubungan aja gue udah mumet mikirin nama panggilan untuk pasangan gue—judul penelitian. Mulai dari yang waras, copas punya orang, sampe ide absurd yang ga layak banget dijadiin judul hahahaha. Contoh ide absurd itu adalah “Pemanfaatan Cangkang Telur Menjadi Kaldu Bubuk” Bunuh diri banget gat uh hahaha. Sampe akhirnya gue menemukan yang selaras untuk diseriuskan. Caranya gimana? Begini…

Tentu awalnya cari topik masalah atau tema masalah yang mau kita teliti terus cari referensi di google buat acuan udah ada apa belum judul kita waras ga buat diteliti. Tema kita bakal menjebak kita ga buat cari inti permasalahan udah ada belum solusinya atau idenya di bayang bayang otak kita. Kalo udah ketemu tema masalahnya tinggal lo buka tuh rincian bab 1 kaya latar belakang, permasalahan dan teman temannya itu. Nah tinggal breakdown deh, lo ga perlu dulu mikirin bab lainnya satu aja dulu, itu aja udah mumetkan. Kenapa bab 1 dulu? Ya karena semua inti bab ada disana kalo di bab 1 udah bener lo ga akan ragu lagi kebelakangnya. Variablenya udah cocok belum tuh, atau perangkat lainnya deh dibuat dulu aja note gambar kasarnya gitu.

Jadi kalo lo udah nemu 1 2 3 judul masalah, lo breakdown dulu dalam darft bab 1 mantap ga tuh latar belakang banyak konsul sama dosen pembimbing atau senior senior. Kalo emang udah oke nih draft bab 1 baru deh lanjut bab berikutnya. Dulu gue sekitar 3 minggu ngutek ngutek bab 1 untuk 1 judul yang gue ujikan, gue sih mikir gapapa deh lamban di depan yang penting pas udah lanjut ke bab belakang ga bikin gue ragu ga harus bongkar bongkar banyak lagi!

Ga perlu malu kalo lo lambat, gapapa. Inget kemampuan orang itu beda-beda, jadi plis fokus aja sama diri lo! Kalo lo terus bandingin diri lo dengan teman lo yang kok udah sidang aja yaudah biarin aja sih nambah stress iya kan. Berjalan lah dijalur lo sendiri, dikecepatan yang sesuai dengan lo.

Kalo udah mulai masa masa bingung, seperti pas lo ngerjain banyak banget pertanyaan-pertanyaan muncul pengen bgt nanya ke dospem atau senior tapi udah tengah malem atau apalah itu alasannya jadi lo tunda untuk tanya. Tapi pas bimbingan atau ketemu senior malah blank! Ditanya apa hambatan lo cuma guk angguk kek lagu project pop sok ngerti tapi enggak. Gapapa wajar gue juga sering begitu. Lalu gue tangani dengan, saat lo lagi berak nih tiba tiba muncul nih pertanyaan-pertanyaan untuk masalah penyusunan ini kalo lo sambal bawa hp ya lo catet tuh dinote seabstrak omongan otak lu aja dulu. Kalo ga bawa apa apa pas berak gimana? Lo ajak terus ngobrol miniatur lo dalem otak biar ga lupa. Misal “Eh kayanya bab 2 lo kaya ga cocok ga sih isinya?” “Eh iya ya, kaya gue sama dia ga cocok.” “Yeuh, inget ye nanti lo tanya tentang bab 2.” Sehabis keluar lo buru buru catet biar ga lupa! Jadi nih setiap bimbingan tuh berbobot, lo pun ada progress apa lagi kalo dospem lo susah banget kan dihubungin. Istilahnya waktu dosen adalah jackpot besar! Pas dapet lo gunain waktu tuh dosen sebaik mungkin.

Dan inget ya, jangan pernah takut gagal, takut salah, merasa gamampu dan kata kata sampah lainnya! Lo tuh bisa kok kerjain ini dengan waktu yang tepat versi terbaik diri lo! Jangan males, ayo lakuin ayo kerjain. Slalu kasih motivasi diri lo sendiri. Mau orang semangatin lo 10000 kali kalo emg diri lo ga ada kemauan ngerjain ya bakal gitu gitu aja. Gapapa kalo lo stress, bingung, lelah, udah kaya ga ada harapan caranya lo cerita ke temen, keluarga pacar siapalah yang sekiranya siap dengerin keluhan lo. Kita ga bisa simpen beban sendirian, ada kalanya kita bagi. Mungkin dari mereka ga ada yang ngasih feedback tapi pasti mereka bisa jadi pendengar yang baik.

Terpenting, kerjain aja. Mau sambal ngeluh tapi sambal dikerjain. Tau tau udah kelewat aja. Just do it! And let it flow.

Jangan lupa juga jaga kesehatan kalian <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip Tanjung Puting, Kalteng!

Halooooooooooooooo! Udaaaah lama banget ga nulis disini! Oke gue kembali dengan edisi tulisan #ErinaJalanJalan Perjalanan menuju hutan tropis Indonesia dan kerumah orangutan. Kali ini gue ngetrip ke provinsi Kalimantan, tepatnya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tujuan gue ke Tanjung Puting National Park buat liat konservasi orangutan ditempat tinggalnya langsung. Kalo lo kemarin ngikutin film Petualangan Sherina 2, gambaran daerah dan konservasinya seperti itu. TAPI ditulisan gue akan lebih sangat luas gambaran tripnya seperti apa!  Trip 3D2N Tanjung Puting National Park (2023) Gue berangkat dari Jakarta ke Pangkalan Bun naik pesawat direct CGK – PKN. Harga tiket pesawatnya sekitar 1.2jt (November 2023). Jadi PP CGK – PKN – CGK habis sekitar 2.5jt ini udah termasuk tax dan lain lain. Selain pakai pesawat bisa pakai kapal titik berangkatnya dari pelabuhan Semarang/Surabaya. Sebelumnya gue booking open trip karena gue cuma pergi berdua aja, jadi lebih milih ikut open trip di

Untuk Permintaan Maaf

  Sore ini tidak terlalu cerah, Rintik hujan sedikit sedikit menetes dari langit Namun hanya hitungan detik lalu berhenti Tidak sempat membasahi bumi Hanya menimbulkan harum khasnya yang terus melakat pada ingatan. Sama seperti aku ingat pertama kali aku menyimpan harapan, Harapan kasih pada seseorang Hanya harapan kecil Namun berjalan sangat lama Hingga saat ini. Dari masih terikat janji dengan yang lain, Hingga kamu bebas berdekatan dengan siapapun Tepat 27 hari lalu aku mengungkapkan semuanya Memang tidak terlihat serius Tapi kamu harus tau Itu sebuah pernyataan jujur. Saat ini mungkin kamu merasa bingung, Pada nyatanya kamu sudah bersikap sangat benar Biasa saja Maaf Kata itu yang belum bisa aku ucapkan Karena ego ku masih takut untuk mengatakannya Karena, Perasaan ini tidak seharusnya ku sampaikan.   3 Maret 2020.

2018, Pergi dari rumah.

Halooooo teman-teman, memasuki cerita di tahun 2018 nih! Tahun 2018 adalah tahun gue bener bener banyak merubah hidup gue banyak pilihan ekstrem yang gue ambil. Salah satunya adalah gue memilih untuk pergi dari rumah. Bukan, bukan kabur. Tapi Cuma pergi sesaat dan kembali. Jadi Januari 2018 adalah masa magang pertama gue dari kampus, gue milih untuk magang di Kep. Riau. Jauh bgt? Enggak kok hahahaha. Awalnya gue mau ambil di Malaysia, tp Mama gue ga ngizinin dengan alasan ini magang pertama gue dan gue ga punya pengalaman sama sekali di bidang perhotelan maupun food & beverage product jadi lebih baik dalam negeri dulu. Yaudah, gue nurut aja. Tapi emang di otak gue isinya pengen sekalian liburan, alias liburan berkedok magang. Jadi gue cari daerah yang potensi gue bisa liburan setiap bulan dimana ya, terus gue konsultasi lah dengan para kating dan staff bagian yang mengurus magang mahasiswa pakai alasan yang bisa interaksi sama turis manca negara, staffnya dari berbagai negara da