Langsung ke konten utama

Trip Tanjung Puting, Kalteng!

Halooooooooooooooo!

Udaaaah lama banget ga nulis disini! Oke gue kembali dengan edisi tulisan #ErinaJalanJalan

Perjalanan menuju hutan tropis Indonesia dan kerumah orangutan.

Kali ini gue ngetrip ke provinsi Kalimantan, tepatnya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tujuan gue ke Tanjung Puting National Park buat liat konservasi orangutan ditempat tinggalnya langsung. Kalo lo kemarin ngikutin film Petualangan Sherina 2, gambaran daerah dan konservasinya seperti itu. TAPI ditulisan gue akan lebih sangat luas gambaran tripnya seperti apa!

Trip 3D2N Tanjung Puting National Park (2023)

Gue berangkat dari Jakarta ke Pangkalan Bun naik pesawat direct CGK – PKN. Harga tiket pesawatnya sekitar 1.2jt (November 2023). Jadi PP CGK – PKN – CGK habis sekitar 2.5jt ini udah termasuk tax dan lain lain. Selain pakai pesawat bisa pakai kapal titik berangkatnya dari pelabuhan Semarang/Surabaya.

Sebelumnya gue booking open trip karena gue cuma pergi berdua aja, jadi lebih milih ikut open trip disini; Be Borneo Tour

Buat agen tripnya legit bgt servicenya, rekomen sih karena semua crewnya super ramah & membaur sama kita.

Ada 2 pilihan trip; 3D2N atau Full Day Trip (ONEDAY TRIP). Buat yang 3D2N itu juga ada 2 pilihan ada private trip ini bisa berangkat hari apa aja dan 1 klotok cuma diisi grup kalian aja dan open trip kalo ini berangkat setiap Jumat dan 1 klotok campur sama orang lain. Harga untuk open trip (3D2N) 2.500.000 ini udah all include! Beneran udah paket lengkap dan worth it! Baca sampe selesai, gue akan tulis gue dapet apa aja.

Mariiii nikmati perjalanan ini~

DAY 1 (3 November 2023)

Flight 5.45 WIB sampe sana sekitar jam 7 pagi. Guide + mobil jemputan udah stand by depan pintu kedatangan. Ini udah termasuk dari harga trip ya! Iya jadi pas sampe sana udah ga pusing lagi!

Dari bandara ke parkiran kapal klotoknya ga jauh, mungkin sekitar 20 menit aja. Sampai pelabuhan kita langsung naik ke klotok. Kemarin gue barengan sama 3 orang lain, terus ada 2 crew kapal, 1 koki kapal & 1 guide.

Kapal klotok itu ada 2 lantai. Lantai bawah untuk crew dan lantai atas untuk kita. Dikapal dapet apa aja? Oh tentu lengkap sekali.

Kasur + kelambu per grup; Jadi guekan ber2 dapet kasur ukuran king size. Jadi kasurnya dipisah per grup.

Kamar mandi bersih! Kemarin dikapal dapet 2 kamar mandi. Ini kamar mandi gabung ya! Tapi tenang aja bersih bgt.

Tempat duduk duduk santai.

Ruang makan, iya ada ruang makan 😊

Oke balik ke kegiatan DAY 1. Mulai perjalanan itu sekitar 10.30 WIB menuju tempat 1st feeding area orangutan sekitar 2 jam. Pas diperjalanan kita masuk makan siang! Oke ini menu makan siang dihari pertama. Kaget, iya karena menunya beragam dan enak semua!

Sekitar jam 1 siang sampe ditempat 1st feeding tapi HUJANNN! Tapiii, karena jam feeding itu dimulai jam 2 siang. Gue awalnya menikmati  hujan turun, eh taunya ketiduran HAHAHAHA. Enak bgt dengerin suara hujan tengah sungai gini beneran! Bangun bangun pas jam 2 teng. Oke siap trekking buat ke 1st feeding area. Trekking sekitar 15 menit aja.

1st Place Feeding Area (Tanjung Harapan)

Disini areanya ga terlalu besar, lebih lembab dan banyak nyamuk. Jadi jangan lupa bawa lation nyamuk. Dikasih waktu untuk liat orangutan makan itu dari jam 14.00-16.30. Tapi kita cuma 2 jam aja disana.

Sebelum sampe ke tempat feeding didepan camp itu ada "meseum" kecil isinya tentang orangutan dan penemuan tanaman dan hewan dihutan tersebut.

Oke habis itu balik ke klotok, langsung disajiin minuman soda! Hari itu, itu aja agendanya. Jadi sisanya menikmati perjalanan dialiran sungai ini!

Waktunya makan malam! Lagi lagi menunya selalu beragam dan enak! Beneran enak.

Selesai makan, kasur kita udah dipasang kelambu. Seruuuuukan! Udara malem ga dingin ga gerah ya pas pas aja. Ohya listrik itu ada diklotok tapi terbatas dan dinyalahin dijam jam tertentu aja. Untuk penerangan ada kok lampu sumber listriknya dari panel surya, keren kan!

Kalau malam itu klotok kita bersandar ga jalan. Tapi tetap aman kok, ga ada hewan hewan usil yang naik.

DAY 2 (4 November 2023)

Hari ke dua kegiatannya lebih banyak trekking. Kita bakal trekking ke dua camp! Karena kemarinnya habis hujan jadi udara pagi paginya super seger! Sarapan pagi jadi tepat pada waktunya. Habis makan, mandi & ready to gooo!

Menu sarapan DAY 2 Nasgor lengkap dengan telor ceploknya.

2nd Place Feeding Area (Pondok Tanggui)

Diarea ini ga terlalu banyak nyamuk. Orangutannya juga lebih banyak.

Habis dari sini kita balik ke klotok. Sampe klotok disambut dengan udah tersedianya anduk dingin + es buaaah! Nikmat bangeeeeet. Klotoknya jalan + sambil minum es buah, pas.

Oh sebelum lanjut kita makan siang dulu, menu makan siang hari ke dua! ENAK!

Ini moment seru menuju tempat feeding ke 3 karena kita ganti ke perahu kecil! Sebenernya ini hal sedih karena klotok kita gabisa anter sampe ke dermaga tempat ke 3 jadi disambung naik perahu kecil eh tapi anak anak tripnya malah seneng. YA MAAF 1st time cobain perahu yang pernah nongol di iklan RCTI OKE!

3rd Place Feeding Area (Camp Leakey)

Last stop feeding area! Ini camp tertuanya alias camp orangutan pertama. Tempatnya lebih luas dan orangutannya lebih friendly dan agak komedi dari penjelasan guidenya karena orangutan dicamp ini kebanyakan semi liar yang dulunya direscue warga atau tempat lain. Jadi sering liat interaksi sesama manusia dan jadilah mereka mencontohnya.

Selesai sudah seluruh trekking di Tanjung Puting untuk ke area feeding orangutan. Seperti biasa sampenya diklotok dikasih anduk dingin + minuman soda.

Oh dihari kedua ini banyak dikasih bonus. Tiba tiba muncul pelangi!!

Makan malam DAY 2. Dibilang ga akan bosen sama menunya.

Beres makan kali ini ga langsung istirahat, tapi menikmati kunang kunang! Iya kapalnya sandar ditempat ratusan kunang kunang! Malem itu juga bintangnya lagi buanyaaaaak sekali. Kalo udah ga ada polusi cahaya pasti bintang tuh keliatan bgt. Happyyyyy banget.

DAY 3 (5 November)

Udah deh, hari ini tujuannya kembali ke pelabuhan huhuhu. Sarapan sambil perjalanan pulang. Sampe dipelabuhan mobil jemputan kita udah stand by. Emang  top servicenya.

Menu sarapan di DAY 3

Sebelum dianter ke bandara kita dianter dulu kerumah adat dan tempat oleh oleh. Oleh olehnya bayar sendiri ya HAHAHAHAHAHA. Udah deh selesai! Beneran ga ngeluarin uang kan dari sampe dan balik ke bandara. Jadi dengan harga diatas udah paket lengkap!

Seru loh menyusuri sungai dan hutan Kalimantan. Kalo bilang liat orangutan mah dikebun binatang aja? BEDAAAAA DONG EXPERIENCENYA. Fokusnya tuh ke PENGALAMANNYA disana jugakan ga cuma liat orangutan aja tapi masuk ke hutannya dan ke habitat asli orangutan. Disana juga ketemu satwa satwa asli penghuni sungai dan hutan disana.

Foto - foto lain yang mungkin bisa menambahkan destinasi ini ke wish list kalian~

November, 2023.

Postingan populer dari blog ini

Untuk Permintaan Maaf

Sore ini tidak terlalu cerah, Rintik hujan sedikit sedikit menetes dari langit Namun hanya hitungan detik lalu berhenti Tidak sempat membasahi bumi Hanya menimbulkan harum khasnya yang terus melakat pada ingatan. Sama seperti aku ingat pertama kali aku menyimpan harapan, Harapan kasih pada seseorang Hanya harapan kecil Namun berjalan sangat lama Hingga saat ini. Dari masih terikat janji dengan yang lain, Hingga kamu bebas berdekatan dengan siapapun Tepat 27 hari lalu aku mengungkapkan semuanya Memang tidak terlihat serius Tapi kamu harus tau Itu sebuah pernyataan jujur. Saat ini mungkin kamu merasa bingung, Pada nyatanya kamu sudah bersikap sangat benar Biasa saja Maaf Kata itu yang belum bisa aku ucapkan Karena ego ku masih takut untuk mengatakannya Karena, Perasaan ini tidak seharusnya ku sampaikan.   3 Maret 2020.

2018, Pergi dari rumah.

Halooooo teman-teman, memasuki cerita di tahun 2018 nih! Tahun 2018 adalah tahun gue bener bener banyak merubah hidup gue banyak pilihan ekstrem yang gue ambil. Salah satunya adalah gue memilih untuk pergi dari rumah. Bukan, bukan kabur. Tapi Cuma pergi sesaat dan kembali. Jadi Januari 2018 adalah masa magang pertama gue dari kampus, gue milih untuk magang di Kep. Riau. Jauh bgt? Enggak kok hahahaha. Awalnya gue mau ambil di Malaysia, tp Mama gue ga ngizinin dengan alasan ini magang pertama gue dan gue ga punya pengalaman sama sekali di bidang perhotelan maupun food & beverage product jadi lebih baik dalam negeri dulu. Yaudah, gue nurut aja. Tapi emang di otak gue isinya pengen sekalian liburan, alias liburan berkedok magang. Jadi gue cari daerah yang potensi gue bisa liburan setiap bulan dimana ya, terus gue konsultasi lah dengan para kating dan staff bagian yang mengurus magang mahasiswa pakai alasan yang bisa interaksi sama turis manca negara, staffnya dari berbagai negara da